Pasar Kumbasari Terbakar

Pasar Kumbasari TerbakarPasar Kumbasari, salah satu pusat perdagangan kerajinan di jantung Kota Denpasar, Bali, Selasa (2/5) pagi tadi, terbakar. Kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik. Kerugian diperkirakan mencapai puluhan miliar rupiah.

Menurut saksi mata, api muncul pertama kali di salah satu toko kerajinan kayu di lantai tiga. Dalam waktu singkat, kobaran api langsung merambat ke lantai empat dan lima. Seorang ibu sempat terjebak di dalam bangunan sebelum akhirnya diselamatkan polisi. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena jalan sempit dan titik api tersebar.

Api yang menjilat Pasar Kumbasari, Denpasar, Bali tak kunjung padam. Padahal si jago merah sudah berkobar selama 11 jam sejak pukul 07.00 hingga pukul 18.00 Wita.

Padahal sudah 22 unit pemadam kebakaran yang dikerahkan dari Kota Denpasar, dibantu Kabupaten Badung, Gianyar, dan Tabanan.

Namun si jago merah yang membara di Pasar Kumbasari yang terletak di sebelah Pasar Badung ini tetap tak terkalahkan. Asap hitam masih membumbung.

Mobil pemadam terus hilir mudik di Jalan Gadjah Mada, lokasi Pasar Kumbasari. Petugas mengambil air dari Sungai Badung yang memisahkan Pasar Kumbasari dengan Pasar Badung. Petugas juga mengambil air dari beberapa hidran air di sekitar lokasi, kemudian kembali ke lokasi kebakaran untuk menyemprotkan air.

Tidak hanya petugas pemadam yang bahu-membahu. Mobil pemadam juga demikian. Terjadi oper-operan air dari mobil pemadam di barisan belakang hingga ke mobil pemadam yang ada di barisan paling dekat dengan lokasi kebakaran.

Mobil pemadam yang paling dekat dengan lokasi kebakaran memiliki eskavator dan bertangga. Namun petugas yang berada di ujung tangga mobil seharga sekitar Rp 1 miliar itu tidak mampu menjangkau kobaran api, demikian juga dengan air yang disemprotkannya.

Api yang berkobar di tengah Pasar Kumbasari sempat menjalar ke pertokoan di Gadjah Mada yang letaknya tepat berada di depan Pasar Kumbasari pada pukul 14.00 Wita.

Beberapa bagian belakang bangunan toko sudah dijilat api, seperti Toko Sinar Maju yang merupakan toko sepatu dan baju, Bank Mandiri, dan Restoran Hong Kong International.

Kobaran api tidak memakan barang-barang dagangan karena sudah lebih dulu diungsikan pemilik, dibantu personel TNI dan Polri. Bahkan seorang pemilik menyelamatkan barang dengan melemparkan dus sepatu dengan karung dari atas toko.

Untuk menghindari penjarahan, personel TNI dan Polri menjaga ketat barang-barang dagangan.

(liputan6 & detikcom)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: