Nyepi, satu-satunya hari raya umat Hindu yg diakui?

barong5.jpgTanggal 19 Maret 2007 kemaren, umat Hindu merayakan hari raya Nyepi. Nyepi adalah satu-satunya hari raya umat Hindu yang diakui pemerintah Indonesia sebagai libur nasional. Padahal kalau dilihat dari jumlah hari raya agama Hindu itu banyak sekali. Galungan adalah hari raya Hindu yang tergolong dan dianggap sebagai hari yang besar oleh umat Hindu. Tapi tidak menjadi masalah, walaupun belum dijadikan libur nasional, beberapa hari raya di Bali sudah menjadi libur lokal di Bali. Sebagai contohnya, hari raya Galungan (biasanya libur 3 hari, Penampahan pada hari selasa, Galungan pada hari rabu, dan Manis galungan pada hari kamis), Hari raya Kuningan (libur 2 hari, Jumat penampahan, sabtu hari kuningan), Hari raya pagerwesi (libur sehari), Saraswati (libur sehari), dan masih banyak hari raya umat Hindu yg telah ditetapkan menjadi libur lokal di Bali.

Makanya jangan heran kalau hidup di Bali, terutama bagi umat non Hindu yang mungkin dulunya hidup di luar pulau Bali, hari liburnya menjadi banyak :)) . Sedangkan orang yang dulu udah terbiasa hidup di Bali jangan kaget kalau hidup di luar Bali (Kayak gua contohnya, dari kecil hidup di Bali, kuliah ke jogja, eh kok hari liburnya dikit banget :p ). Itulah istimewanya bali, bisa membuat hari libur khusus untuk lokal aja, karena memang dari adat sudah begitu, bagaimanapun kita harus menghormati hukum adat. Contohnya hari raya Nyepi ini, semua roda perekonomian, trasportasi, pemerintahan, pendidikan dan sebagainya, terhenti untuk sehari. Bandara yang biasanya ready 24 jam sehari, kini libur selama sehari. Walaupun presiden pun yang akan datang ke bali pada waktu Nyepi tidak akan bisa. Begitulah kuatnya umat di Bali memegang hukum adatnya.

Kembali lagi ke topik permasalahan tentang libur nasional. Hendaknya pemerintah atau mungkin tepatnya departemen agama sudah mulai menelaah lagi, untuk mempertimbangkan menjadikan hari raya Galungan menjadi libur nasional. Dengan demikian, setidaknya masyarakat di luar pulau Bali menyadari bahwa itu adalah hari besar buat agama Hindu. Begitu berartinya hari raya itu terhadap umat Hindu.

Posted in News. 1 Comment »

One Response to “Nyepi, satu-satunya hari raya umat Hindu yg diakui?”

  1. ankerzone Says:

    Memang agak susah merealisasikan hal itu, tapi mudah-mudahan saja Galungan bisa cepat diakui dan diliburkan secara nasinonal..

    Salam kenal


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: