Tintin genap berusia 100 Tahun

tintin.gifKisah petualangan Tintin telah menjadi legenda dan pujaan berjuta orang di dunia. Penggila tokoh komik berambut jambul ini pun muncul dari berbagai generasi. Anjing cerdas Snowy dan Kapten Haddock yang jenaka pun dikenal anak-anak masa kini. Komik petualangan jurnalis muda yang seringkali mengungkap tabir misteri ini telah tersebar ke berbagai penjuru dunia dan diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Belantara padang pasir di Mesir, Pegunungan Andes, hingga kampung Indian di Amerika Serikat pernah disinggahi Tintin dan kawan-kawan. Dia bahkan dikisahkan telah menjejakkan kaki di bulan pada 1954 atau 30 tahun sebelum Neil Amstrong melakukannya.

Tahun ini, Tintin genap berusia 100 tahun. Di bawah bendera rumah produksi Dreamworks SKG, Steven Spielberg mencoba mengangkat petualangan Tintin ke layar lebar. Keinginan yang 25 tahun lalu telah dijajaki Spielberg bersama Studio Herge. Sebuah negosiasi terlama yang pernah terjadi dalam sejarah perfilman.

Nego menjadi alot karena Herge kuatir terjadi perubahan pada keaslian cerita yang selama ini mereka pertahankan. Bagi pihak Herge, menghormati keaslian cerita adalah hal yang tidak dapat ditawar lagi.

Petualangan Tintin pernah difilmkan pada 1960 menyusul serial animasi di televisi. Namun tak ada sambutan hangat karena bersifat adaptasi belaka. Kini Studio Herge boleh berlega hati. Komitmen Spielberg untuk menggarap serius satu dari 23 edisi yang ada menandai resminya kiprah Tintin di Hollywood sekaligus kado istimewa bagi jutaan penggemarnya.liputan6.com

Tintin adalah salah satu komik yang memberikan ide-ide brilian padaku. Tokoh-tokohnya mempunyai karakter yang kental dan konsisten. Sehingga tidak heran kisah tintin diterjemahkan ke berbagai bahasa dan dipasarkan di seluruh dunia. Hebat….

Omed-omedan: Tradisi Ciuman Setelah Nyepi

med medanOmed-omedan atau juga disebut Med-medan rutin digelar setiap tahun, sehari setelah hari raya Nyepi atau yang disebut sebagai hari Ngembak Geni. Konon, acara ini sudah diwariskan sejak tahun 1900-an dan hanya bisa ditemukan di Banjar Sesetan. Warga setempat meyakini, bila acara ini tak diselenggarakan, dalam satu tahun mendatang berkah Sang Dewata sulit diharapkan dan berbagai peristiwa buruk akan datang menimpa.

“Pernah pada 1970-an ditiadakan, tiba-tiba di pelataran Pura terjadi perkelahian dua ekor babi. Mereka terluka dan berdarah-darah, lalu menghilang begitu saja,” kata Pasek Nyoman Adnyana, Kelian Adat Banjar Kaja. Peristiwa itu dianggap sebagai pertanda buruk bagi semua warga Banjar.

Pada Senin (22/3) sore lalu, setelah perayaan Nyepi yang jatuh pada Minggu (21/3), omed-omedan kembali dilangsungkan. Pesertanya puluhan anggota Sekaha Teruna-teruni (perkumpulan pemuda pemudi) Satya Dharma Kerthi Banjar Kaja Sesetan. Acara diawali dengan persembahyangan bersama, dan dilanjutkan pementasan tarian barong bangkal (barong berkepala babi) sampai penarinya kesurupan–tanda bahwa acara ini mendapat izin dari Ida Bathara yang berstana (bersemayam) di Pura Banjar.

Setelah itu, Sekaha Teruna-teruni dibagi dalam dua kelompok. Sekaha Teruna (laki-laki) berdiri di satu sisi, dan anggota Sekaha Teruni (perempuan) berada di sisi lain. Setiap kelompok terdiri dari sekitar 30 remaja. Keduanya terpisah jarak sekitar 100 meter.

medmedan2.jpgAba-aba diberikan. Sejumlah petugas adat yang ditunjuk untuk mengatur acara meniup sempritan. Segera kemudian kedua kelompok saling berlari ke arah lawannya. Masing-masing mendorong seorang remaja yang diberi kesempatan pertama untuk saling berciuman, untuk kemudian ditarik secepat mungkin.

Menurut Pasek, acara itu tak memiliki makna khusus. “Memang awalnya hanya untuk keakraban dan bersenang-senang,” ia menjelaskan. Namun, tak urung, karena berbagai cerita turun-temurun yang mengiringinya, suasana sakral menjadi sangat kuat. Salah satunya adalah kisah tentang kesembuhan seorang raja dari Puri Oka, bernama AA Made Raka, setelah ia menyaksikan omed-omedan. Padahal, sebelumnya ia datang ke lokasi acara dengan maksud hendak melarangnya, sebab dianggap sebagai biang keributan.

Tidak ada persyaratan tertentu untuk menjadi peserta acara itu. Siapa pun boleh ikut, asal merupakan anggota Sekaha Teruna-teruni di Banjar Kaja. Kekecualiannya cuma satu: remaja putri yang sedang datang bulan tak boleh ikut serta, untuk menjaga kesucian acara.

Bagi para peserta, tradisi ini tampaknya seperti menjadi ajang bersenang-senang. “Setelah seharian dalam suasana sepi, kita jadi lebih bersemangat,” kata Novita Sari, 17 tahun, yang mengaku tak malu berciuman di tengah orang ramai. Menurut dia, acara yang sudah dua kali diikutinya itu membuat tali persahabatan di antara para remaja di banjar menjadi semakin erat.

Lebih lagi, masih kata pelajar kelas 2 SMU ini, omed-omedan juga merupakan ajang yang tepat untuk mencari jodoh. Diam-diam ternyata mereka bisa meminta agar lawan yang akan dicium adalah “si dia” yang lagi dilirik. Jadi, baru kalau pesanan itu terpenuhi, adegan ciuman akan benar-benar berlangsung. Bila tidak, biasanya salah satu akan berusaha menghindar, meski terus dipaksa oleh kelompoknya.

Awal Tradisi med-medan

gadisbali.jpgAwalnya Raja Puri Oka marah besar melihat rakyatnya menggelar omed omedan (saling cium). Tak dinyana Raja yang sakit justru sembuh setelah melihat upacara hot tersebut. Kini tradisi itu dijadikan ajang mencari jodoh.

Kepala Adat Banjar, Wayan Sunarya menceritakan, tradisi omed omedan itu merupakan tradisi leluhur yang sudah dilakukan sejak zaman penjajahan Belanda. Awalnya ritual ciuman massal itu dilakukan di Puri Oka.

Puri Oka merupakan sebuah kerajaan kecil pada zaman penjajahan Belanda. Ceritanya, pada suatu saat konon raja Puri Oka mengalami sakit keras. Sang raja sudah mencoba berobat ke berbagai tabib tapi tak kunjung sembuh.

Pada Hari Raya Nyepi, masyarakat Puri Oka menggelar permainan omed omedan. Saking antusiasnya, suasana jadi gaduh akibat acara saling rangkul para muda mudi. Raja yang saat itu sedang sakit pun marah besar.

Dengan berjalan terhuyung-huyung raja keluar dan melihat warganya yang sedang rangkul-rangkulan. Anehnya melihat adegan yang panas itu, tiba-tiba raja tak lagi merasakan sakitnya.

Ajaibnya setelah itu raja kembali sehat seperti sediakala. Raja lalu mengeluarkan titah agar omed omedan harus dilaksanakan tiap hari raya nyepi. Namun pemerintah Belanda yang waktu itu menjajah gerah dengan upacara itu. Belanda pun melarang ritual permainan muda mudi tersebut.

Warga yang taat adat tidak menghiraukan larangan Belanda dan tetap menggelar omed omedan. Namun tiba-tiba ada 2 ekor babi besar berkelahi di tempat omed omedan biasa digelar.

“Akhirnya raja dan rakyat meminta petunjuk kepada leluhur. Setelah itu omed omedan dilaksanakan kembali tapi sehari setelah Hari Raya Nyepi,” kata Wayan Sunarya

Posted in News. 2 Comments »

Nyepi dan Ogoh-ogoh

ogoh-ogoh-festival-bali.jpg

Nyepi tanpa ogoh-ogoh seperti masakan tanpa garam. Ogoh-ogoh biasanya diarak keliling kota sehari menjelang Nyepi, tepatnya disebut hari pengerupukan. Ogoh-ogoh biasanya berwujud raksasa yang berwajah ngeri. Tapi ada pula yang mengambil karakter dari pewayangan, seperti rahwana yang menculik dewi sita. Bagaimanapun perkembangan jaman, kita tetap harus melestarikan budaya ini agar tidak punah.

Berikut ini beberapa foto dari ogoh-ogoh.

01.jpghogo1_2.jpgogoh21.jpgogohogoh6rf.jpgogoh-ogoh-2000-17.jpg

Nyepi, satu-satunya hari raya umat Hindu yg diakui?

barong5.jpgTanggal 19 Maret 2007 kemaren, umat Hindu merayakan hari raya Nyepi. Nyepi adalah satu-satunya hari raya umat Hindu yang diakui pemerintah Indonesia sebagai libur nasional. Padahal kalau dilihat dari jumlah hari raya agama Hindu itu banyak sekali. Galungan adalah hari raya Hindu yang tergolong dan dianggap sebagai hari yang besar oleh umat Hindu. Tapi tidak menjadi masalah, walaupun belum dijadikan libur nasional, beberapa hari raya di Bali sudah menjadi libur lokal di Bali. Sebagai contohnya, hari raya Galungan (biasanya libur 3 hari, Penampahan pada hari selasa, Galungan pada hari rabu, dan Manis galungan pada hari kamis), Hari raya Kuningan (libur 2 hari, Jumat penampahan, sabtu hari kuningan), Hari raya pagerwesi (libur sehari), Saraswati (libur sehari), dan masih banyak hari raya umat Hindu yg telah ditetapkan menjadi libur lokal di Bali.

Makanya jangan heran kalau hidup di Bali, terutama bagi umat non Hindu yang mungkin dulunya hidup di luar pulau Bali, hari liburnya menjadi banyak :)) . Sedangkan orang yang dulu udah terbiasa hidup di Bali jangan kaget kalau hidup di luar Bali (Kayak gua contohnya, dari kecil hidup di Bali, kuliah ke jogja, eh kok hari liburnya dikit banget :p ). Itulah istimewanya bali, bisa membuat hari libur khusus untuk lokal aja, karena memang dari adat sudah begitu, bagaimanapun kita harus menghormati hukum adat. Contohnya hari raya Nyepi ini, semua roda perekonomian, trasportasi, pemerintahan, pendidikan dan sebagainya, terhenti untuk sehari. Bandara yang biasanya ready 24 jam sehari, kini libur selama sehari. Walaupun presiden pun yang akan datang ke bali pada waktu Nyepi tidak akan bisa. Begitulah kuatnya umat di Bali memegang hukum adatnya.

Kembali lagi ke topik permasalahan tentang libur nasional. Hendaknya pemerintah atau mungkin tepatnya departemen agama sudah mulai menelaah lagi, untuk mempertimbangkan menjadikan hari raya Galungan menjadi libur nasional. Dengan demikian, setidaknya masyarakat di luar pulau Bali menyadari bahwa itu adalah hari besar buat agama Hindu. Begitu berartinya hari raya itu terhadap umat Hindu.

Posted in News. 1 Comment »

Tips Lindungi Mata dari Radiasi Komputer

eye-m1.jpgMata merupakan salah satu aset yang paling berharga sehingga harus dijaga benar kesehatannya. Keseringan melototin monitor komputer bisa membuat mata menjadi lelah.

Tahukah Anda bahwa radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan komputer bisa mengganggu kesehatan? Studi yang dilakukan American Optometric Association (AOA) mencetuskan bahwa radiasi komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya.

Kebanyakan gejala yang dikeluhkan responden adalah soal kelelahan mata, pandangan menjadi kabur dan mata kering. Masalah visual lainnya yang timbul adalah soal gangguan sakit kepala dan sakit leher atau bahu.

Nah bagi Anda yang sering nongkrong di depan komputer, lindungi dan rawatlah mata Anda dari radiasi yang ditimbulkannya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

1. Pakai pelindung layar komputer (filter) untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.

2. Pilih layar komputer yang radiasinya rendah, seperti layar LCD (liquid crystal display).

3. Jagalah jarak pandangan mata dengan monitor. Idealnya, jarak minimum antara mata dengan monitor komputer adalah 45 cm.

4. Sesuaikan posisi layar komputer dengan mata, jangan ketinggian dan jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sakit leher. Selain itu, jika monitor terlalu tinggi dari pandangan mata maka akan menggangu pasokan udara yang disuplai ke otak. Sebaiknya layar monitor diposisikan sejajar dengan pandangan mata.

Menurut American Optometric Association (AOA), seperti dilansir Rctimes, untuk mencegah kelelahan mata sebaiknya tempatkan monitor dengan posisi yang ergonomis. Monitor harus ditempatkan pada posisi 16-30 inci dari mata, tergantung seberapa besar layar. Umumnya posisi yang nyaman untuk menatap monitor adalah 20 hingga 26 inci.

5. Sesuaikan pencahayaan monitor dengan intensitas kenyamanan mata.
Brightness yang terlalu terang atau terlalu buram tidak baik bagi kesehatan mata. Pencahayaan yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau, sedangkan pencahayaan yang terlalu buram hanya dan membuat mata bekerja lebih keras untuk melihat. Hal ini akan membuat mata menjadi cepat lelah. Untuk itu, cobalah sesuaikan brightness dan contrast monitor hingga mata Anda bisa melihat dengan nyaman. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan resolusi dengan karakter di monitor agar dokumen-dokumen mudah dibaca mata.

6. Istirahatkan mata sejenak.
Jangan terus-terusan melototin layar komputer. Usahakan sediakan waktu beberapa menit untuk mengendorkan dan mengistirahatkan mata Anda. Ini akan mengurangi kepenatan mata dan otot. Segarkan mata dengan cara memandang ke ruangan lain atau memandang indahnya langit biru atau tanaman hijau.

7. Seringlah mengedipkan mata demi menghindari mata menjadi kering.
Jarang mengedipkan mata akan membuat mata menjadi kering. Karena itu sering-seringlah mengedipkan mata, karena dengan berkedip maka mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih.

8. Pakailah kacamata dengan lensa khusus untuk komputer. Seperti pernah diberitakan, ahli masalah mata (Optometrist) Dr. Jay Schlanger mengatakan beberapa perusahaan kini mulai membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, dan bagian bawahnya untuk membaca.

Pengguna lensa kontak juga punya solusi, yaitu dengan mengganti lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silikon hydrogel. “Silikon jenis ini memungkinkan daya transmisi oksigen yang lebih tinggi dibanding jenis lain,” ungkap Schlanger.

9. Perbanyak konsumsi vitamin A agar mata tetap dalam kondisi baik.

10. Jika merasa mata mengalami gangguan, segera pergi ke dokter mata untuk meyakinkan bahwa mata Anda benar-benar sehat.

(detik net).

Obat Bekas merambah di Denpasar !!!

obat.jpg Aksi Mustaji meracuni masyarakat di Denpasar, Bali, berakhir. Penjual obat bekas itu diringkus Kepolisian Daerah Bali, belum lama ini. Polisi menyita lebih dari 220 jenis obat daftar G dari tangan tersangka. Obat daftar G merupakan jenis obat yang tidak diperjualbelikan secara bebas.

Kepada penyidik, Mustaji mengaku sudah menjalani profesinya sebagai penjual obat selama setahun. Pria yang tidak memiliki keahlian di bidang farmasi ini mengaku mendapatkan ratusan obat itu dari para pemulung sampah yang beroperasi di rumah sakit. Obat ini lalu dijual dari rumah ke rumah dengan harga murah.

Atas perbuatannya, Mustaji dijerat pasal 82 Undang Undang No. 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan. Tersangka terancam hukuman penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp 100 juta. Liputan6.com, Denpasar:

Ya, ampun kok teganya ada orang kayak gitu ya?! Padahal kan obat itu untuk menyembuhkan, bukan malah membuat sakit. Pihak rumah sakit juga sih, kalo membuang obat kadaluarsa, jangan sembarangan, harus ada dokumentasinya. Bila perlu obatnya langsung dimusnahkan, biar bentuknya tidak seperti obat lagi. Gue jadi ngeri kalo membayangkan ada orang sakit minum obat yg kadaluarsa. Memang di negeri ini segala cara dilakukan untuk mendapatkan uang. Moral memang sudah lama menghilang….

88% Pengguna Komputer Menderita CVS

glass_of_water.jpgHasil riset yang dilakukan National Institute of Occupational Safety and Health menunjukkan, hampir 88 persen dari seluruh pengguna komputer mengalami computer vision syndrome (CVS), yaitu suatu kondisi yang timbul karena terlalu lama memfokuskan mata ke layar komputer.

Ciri-ciri sindrom ini adalah pandangan kabur dan tak jarang sampai menyebabkan rasa nyeri di kepala, sakit leher, mata terasa lelah, kering, dan teriritasi serta sulit untuk kembali memfokuskan pandangan.

Jika Anda mengalaminya, sebaiknya mulailah melakukan langkah-langkah penanggulangan.

Seperti dilansir situs NBC5.com, Rabu (14/3/2007) ahli masalah mata (Optometrist) Dr. Jay Schlanger mengatakan, terlalu sering melihat layar komputer akan berdampak buruk pada mata.

“Mata kita tidak dikondisikan untuk terus-menerus melihat layar komputer, delapan jam sehari,” ujarnya.

Schlanger menyarankan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memakai kacamata dengan lensa khusus untuk komputer. “Beberapa perusahaan kini mulai membuat lensa yang bagian atasnya dirancang untuk melihat komputer, dan bagian bawahnya untuk membaca, ini dinamai kacamata kantor,” kata Schlanger.

Pengguna lensa kontak juga punya solusi, yaitu dengan mengganti lensa kontak generasi baru yang terbuat dari silikon hydrogel. “Silikon jenis ini memungkinkan daya transmisi oksigen yang lebih tinggi dibanding jenis lain,” ungkap Schlanger.

Langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengalihkan pandangan dari layar komputer. Minumlah banyak air putih selama di kantor. Ini membantu tubuh tidak kekurangan cairan, sehingga ada cukup persediaan air yang memudahkan tubuh menghasilkan air mata, dan menjaga agar mata tidak kering.

Schlanger juga mengatakan ada alat khusus yang bisa menjaga air mata agar tidak cepat menguap, sehingga mata bisa tetap lembab. Alat tersebut berukuran sangat kecil dan bisa dipasang di mata bagian bawah.

Sudut pandangan ke komputer juga harus pas, bagian atas layar komputer harus sejajar dengan mata. Sesuaikan tingkat terang/gelap layar, dan pastikan tidak ada pantulan yang menyilaukan dari sumber cahaya lain. (Detik net)

Wah untung cube gue deket dengan dapur, jadi bisa bolak balik ambil air minum. 😀